Cara Aman Berkendara Disaat Hujan Lebat Dan Angin Kencang- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Cara Aman Berkendara Disaat Hujan Lebat Dan Angin Kencang

Cara aman berkendara saat hujan leba
Cara aman berkendara saat hujan lebat

Memasuki akhir tahun dimana Indonesia akan memasuki musim hujan, Dan ditengah kondisi cuaca seperti saat ini, berkendara sangat perlu kehati hatian saat mengemudi. 

Dan yang terjadi saat ini, Indonesia tengah dilanda Siklon tropis paddy yang membuat cuaca saat ini hujan dengan diselimuti angin kencang yang berkecepatan sampai 75 km/jam, khususnya di Samudera Hindia, bagian selatan Jawa Tengah. Cuaca buruk ini juga menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang berpotensi menimbulkan bencana.

Untuk menghadapi kondisi seperti ini, pengemudi harus memperhatikan kondisi mobil, selain itu dalam berkendara kesehatan sang pengmudi juga harus diperhatikan. 

“Cuaca buruk dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika mengemudi mobil di jalan," kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, dalam siaran pers pada Jumat, 26 November 2021. Menurutnya, langkah terbaik adalah pengemudi mobil melakukan persiapan diri dan mobilnya agar tidak mengalami masalah.

Berikut adalah tips berkendara dsaat hujan lebat dan angin kencang menurut Auto2000:

1. Pantau Kondisi Cuaca Aktual

Perkembangan cuaca bisa dipantau melalui smartphone. Apabila ada potensi hujan deras atau angin kencang, disarankan untuk menunda perjalanan. Jika terpaksa harus berkendara, diimbau cari waktu yang paling aman, seperti menunggu angin kencang reda.

2. Kurangi Kecepatan Mobil

Saat berkendara di kondisi hujan deras, kecepatan yang disarankan 20 persen atau sekitar 20-30 km/jam.  Pasalnya dalam kondisi cuaca yang buruk, visibilitas akan menjadi terbatas dan mobil akan menjadi sulit dikendalikan.

3. Fokus dan Waspada Saat Mengemudi

Mengemudi dalam kondisi cuaca buruk menuntut fokus dan waspada yang lebih. Jangan mengemudi sambil bermain ponsel atau melakukan manuver yang tiba-tiba.

4. Jaga Jarak Aman

Dalam berkendara di kondisi cuaca buruk, pengemudi perlu menjaga jarak aman. Hal ini dilakukan untuk mencegah tabrakan apabila kendaraan di depan mengerem secara mendadak.

5. Pastikan Fitur Mobil Bekerja Optimal

Kondisi fitur mobil harus dipastikan bekerja normal untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama diperjalanan. Part seperti ban, rem, wiper, lampu, AC, hingga aku mobil harus dipastikan dalam kondisi normal.

6. Jauhi Pohon atau Objek yang Bisa Tumbang

Apabila ada pohon tumbang akibat angin kencang, segera melepas injakan gas dan lakukan pengereman, namun jangan melakukan manuver yang mendadak. Kalau memang aman dan dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindari ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

7. Langkah Darurat Saat Gagal Menghindar

Jika mengemudi mobil kemudian mengalami keadaan darurat, segera selamatkan barang pribadi seperti dompet atau ponsel, dan jangan memaksakan menyelamatkan barang lain, seperti tas di bagasi. Segera pengemudi mobil keluar dari kendaraannya mengingat potensi bahaya masih ada, seperti tertimpa pohon tumbang, aliran listrik, atau tertabrak mobil lain dari belakang. 


Baca Juga: Cara Merawat Rantai Motor