Arti Angka Dan Huruf Pada Tuas Perseneling Mobil Matic- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Arti Angka Dan Huruf Pada Tuas Perseneling Mobil Matic


Jakarta -Mobil matik memiliki cara kerja persneling yang berbeda dengan mobil manual. Huruf dan angka pada persnelingnya memiliki arti dan fungsi yang berbeda. 

Mobil dengan transmisi otomatis atau matik semakin digemari banyak orang. Penjualannya naik terus karena segi kepraktisan dan penggunaan sehari-hari diperkotaan yang rawan macet panjang.

Dilansir dari laman mitsubishi-motors.co.id, alasannya adalah karena pengoperasiannya yang lebih mudah dengan dua pedal saja, yaitu gas dan rem.

Bagi Anda yang akan atau baru mengendarai mobil matik, ada sedikit perbedaan pada persneling atau tuas transmisinya. Dilansir dari laman toyota.astra.co.id, persneling mobil matik biasanya terdiri dari deretan huruf dan angka seperti P - R - N - D - 2 - 1/L. Apa arti dari huruf dan angka tersebut dan apa kegunaannya? 

Arti Huruf dan Angka di Persneling Mobil Matik 

Dilansir dari laman hyundaimobil.co.id, berikut arti huruf dan angka pada persneling mobil matik serta kegunaannya.

P atau Parking

Mode ini digunakan ketika mobil dalam posisi berhenti dengan waktu yang cukup lama. Selain itu, P juga digunakan saat parkir dengan kondisi mesin mati. Dengan mengarahkan persneling pada huruf P, maka transmisi akan terkunci sehingga mobil tidak dapat didorong. Posisi P persneling juga merupakan awal ketika mobil dihidupkan.

R atau Reverse

Sesuai namanya, huruf R pada persneling mobil matik berfungsi untuk memundurkan mobil. Hal ini sama sebagaimana pada mobil manual.

N atau Neutral

Posisi N menandakan transmisi bebas dan tidak terkunci. Hal ini juga sama sebagaimana pada mobil manual.

D atau Drive

D adalah singkatan dari drive atau jalan. Dilansir dari laman suzuki.co.id, umumnya mobil matik melaju dengan posisi ini. Pada posisi D, perpindahan gigi dari 1 hingga gigi tertinggi pada mobil matik dilakukan secara otomatis.

2 atau Second (S)

Posisi ini berguna ketika sedang melaju di kondisi jalan menanjak atau pegunungan karena transmisi hanya bekerja pada gigi 1 dan 2. Selain itu, posisi ini juga dapat berfungsi sebagai engine brake.

1 atau Low (L)

Posisi ini digunakan untuk bergerak maju dengan posisi gigi 1. Posisi persneling 1 pada mobil matik idealnya digunakan ketika mobil menanjak atau melaju pada turunan curam agar mobil tidak melaju dengan kencang.