Ini Yang Terjadi Jika Angka di Odometer Sudah mentok- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Ini Yang Terjadi Jika Angka di Odometer Sudah mentok

Odometer Hayabusa

Pernah mengalami atau lihat apa yang terjadi kalau odometer di motor udah menempuh jarak maksimal yang biasanya mentok pada angka 99999? Sebagian besar orang mungkin penasaran karena belum pernah mengalaminya. Ternyata, saat jarak tempuh kilometer motor sudah mentok, ada perbedaan pada panel instrumen digital dan analog. Selain memiliki perbedaan tampilan, saat kilometer motor sudah mentok, kedua jenis instrumen tersebut akan punya respon yang berbeda.

Jika sebelum meraih angka maksimal tampilannya hanya angka, setelah mentok tampilannya adalah 0.100 km misalnya. Berbeda dengan odometer digital di motor Kawasaki, maka motor keluaran Yamaha tidak demikian.“Tampilan odometer digital akan kembali jadi 0 km kalau sudah tembus 9999xx km,Sedangkan cara deteksi apakah odometer sudah pernah meraih kilometer maksimal perlu bantuan diagnostic tools di bengkel resmi. 

Kalau odometer atau jarak tempuh di motor telah mencapai 9999xx km, akan muncul tanda tertentu di beberapa motor. Untuk odometer analog memang secara otomatis akan kembali ke angka nol km jika sudah mencapai batas maksimalnya. Nah untuk odometer di motor yang menganut sistem digital, beberapa motor dari pabrikan tertentu punya tanda tertentu.“Kalau di motor Kawasaki, saat odometernya pernah mentok akan kembali 0 km. "Namun akan muncul titik di depan angkanya,” jawab Eddy Yulianto, Service Advisor Kawasaki SSM Fatmawati, Jakarta Selatan.

Secara umum, baik odometer analog atau digital diatur agar kembali menunjukkan angka semula kalau kondisinya normal. Sebab keduanya mengatakan jika odometer tidak berlanjut, ada kemungkinan terdapat gangguan pada panel instrumen di motor. 


Baca Juga: Kelebihan Ban Turanza T005A