Menakjubkan, Segini Harga Baterai Mobil listrik Yang Setara Dengan Harga 1 Mobil- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Menakjubkan, Segini Harga Baterai Mobil listrik Yang Setara Dengan Harga 1 Mobil

Harga Baterai Mobil Listrik

Sebelum membeli mobil listrik, mungkin terlintas di pikiran. Bagaimana jika nanti baterainya rusak. Sudah bukan rahasia umum lagi sebenarnya jika harga baterainya juga mahal. Jika di breakdown seluruhnya, harga baterai mobil listrik ini bisa mencapai 60% dari harga mobilnya itu sendiri.

Tetapi, jika baterai mengalami kerusakan sebenarnya masih bisa diganti parsial. Sebab di dalam baterai mobil listrik ini terdapat banyak sel. Mobil listrik memang tidak memerlukan servis rutin seperti mobil konvensional. Namun setelah beberapa tahun pemakaian, baterainya perlu diganti karena performanya sudah menurun. Lalu berapakah harga baterai mobil listrik

Penggantian baterai bisa dilakukan per panel sehingga tidak harus langsung diganti secara keseluruhan. Biaya yang dikeluarkan jadi tidak terlalu besar karenanya. Sel-sel yang rusak ini saja yang nantinya akan diganti. Jadi tidak semua baterai diganti sepenuhnya, hanya sel yang rusaknya saja. 

Di dalam sel tersebut terdapat material seperti Nickel Manganese Cobalt (NMC), Nickel Cobalt Aluminum (NCA) dan Iro Phosphate (LFP). Ketiga material ini diketahui memang harganya mahal.  Sehingga sangat mempengaruhi harga dari baterainya sendiri. Namun semakin ke sini, para ilmuwan dan produsen otomotif semakin mencari cara untuk bisa menekan harga jual baterai. Baru-baru ini kisaran harga baterainya mulai terkuak. Di Amerika Serikat, harga baterai ini dibanderol 13.500 US Dollar atau setara Rp189 jutaan

Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, harga baterai ini bisa semakin murah. Kenapa? Jika harganya bisa murah, otomatis akan ada banyak orang yang beralih ke mobil listrik atau motor listrik.

Kendaraan yang ramah lingkungan akan jauh lebih baik untuk bumi yang lebih baik. Polusi udara juga jelas sangat bisa diredam jika banyak orang menggunakan kendaraan listrik. 

Nah dari penjelasan diatas munkin dapat dijadikan referensi bagi kalian yang masih ragu terhadap mobil listrik. Bukan hanya itu, banyak juga kelebihan yang dimiliki mobil listrik lho.