Ngecek Kendaraan Sendiri Sebelum Perjalanan Mudik, Ini Bagian Yang Harus Diperhatikan- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Ngecek Kendaraan Sendiri Sebelum Perjalanan Mudik, Ini Bagian Yang Harus Diperhatikan

Cek Kendaraan Sebelum Mudik

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi umat muslim diseluruh dunia. Melepas rindu kumpul bersama keluarga dikampung halaman menjadi dambaan bagi orang yang merantau di kota lain. Ada yang dari berbagai daerah ke kota begitupun sebaliknya dari kota ke desa. Bagi kalian yang berencana melakukan perjalan mudik menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya segera mengecek kondisi kendaraan kalian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan mudik kalian, namun apa saja yang harus diperhatikan dalam memerika kondisi kendaraan tersebut. Inilah 7 bagian penting yang harus kalian lakukan sebelum melakukan perjalanan mudik: 

1. Cek Kondisi Mesin

Bila kalian sudah merasa kendaraan kalian layak untuk menempuh jarak jauh saat mudik, cukup melakukan tune up mesin standar. Mintalah mekanik bengkel untuk membersihkan karburator, penyetelan klep, busi, serta penggantian oli. Tapi jika kamu ingin meningkatkan tenaga motor maka cukup meminta mekanik untuk melakukan penyetelan karburator. Cukup dengan mengganti spuyer, setel klep, main jet. 

Saluran bahan bakar ke ruang bakar juga harus diperiksa, terutama bila ring piston sudah ada gejala aus agar segera diganti. Selain itu busi jangan lupa diganti agar pengapian makin sempurna. 


2. Rem dan Kaki-Kaki 

Kaki-kaki pada kendaraan dalam menopang mesin saat melakukan perjalanan jauh sangat vital, apalagi bagi kalian yang menempuh medan berbatuan atau jalan yang kurang bagus. Karena itu, periksa komponen kaki-kaki, ban, hingga bearing roda. Kampas rem biasanya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai. Tapi jika dirasa sudah tidak nyaman sebaiknya segera ganti yang baru 

3. Air Radiator 

Periksa kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radioator dan ganti dengan air yang baru, kalau perlu tambah dengan cairan pendingin radiator untuk performa yang lebih maksimal. 


4. Lampu utama dan Sign

Lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Apalagi bagi kalian yang akan menempuh perjalanan dimalam hari. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya. Perangkat sinyal lain yang juga harus diperiksa adalah klakson. Isyarat suara itu sangat dibutuhkan manakala kamu melintasi jalan yang sepi atau jalan berkelok.


5. Wiper 

Meskipun kondisi cuaca saat ini tidak dapat diprediksi tidak ada salahnya bagi kalian mengecek bagian yang satu ini, cek juga air untuk wiper agar tidak ngadat saat hujan turun. Jika karet wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya. Jika hujan, wiper yang bagus akan membuat pandangan kamu lebih jelas saat mengemudikan mobil.


6. Aki 

Periksa baut pada kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Periksa pula level air aki. Jika kurang, tinggal tambahkan dengan air aki murni. Tapi ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.


7. Kelengkapan Mobil 

Jika kalian sudah memastikan kondisi kendaraan kalian sudah prima, kini saatnya periksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. Selain itu  bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman.  Terakhir, cek masa berlaku STNK dan SIM kamu, siapa tahu waktunya harus diperpanjang. Jika semua sudah beres, kini tinggal persiapkan kondisi fisik untuk menempuh perjalanan jauh yang melekahkan.