Menghitung Biaya Perawatan Mobil Listrik, Ternyata Lebih Murah Dari Mobil Konvensional- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Menghitung Biaya Perawatan Mobil Listrik, Ternyata Lebih Murah Dari Mobil Konvensional

Hyundai Ioniq

Ioniq 5 meluncur di Tanah Air pada 31 April 2022, dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Ini adalah mobil listrik pertama yang diproduksi secara lokal.

Harganya diumumkan belakangan. Namun, banderolnya dipastikan lebih tinggi dari dua mobil listrik Hyundai sebelumnya yaitu Ioniq serta Kona EV yang kini paling mahal ada di angka Rp739 juta on the road (OTR) Jakarta.Penting bagi calon konsumen mengetahui biaya perawatan Hyundai Ioniq 5. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan ternyata angka kisarannya tergolong murah.Terkait suku cadang, selepas masa gratis artinya konsumen harus merogoh koceknya sendiri untuk melakukan penggantian sejumlah item.

Biaya servis mobil listrik Hyundai Ioniq 5 diklaim Rp3-4 juta-an hingga 100 ribu km. Biaya kepemilikannya (cost of ownership) pun digadang-gadang jauh di bawah mobil konvensional.

“Item yang kita mesti ganti ada tiga yang harus diperhatikan: filter kabin, brake fluid, dan satu lagi untuk coolant,” kata Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy Department HMID, Selasa (5/4/2022) di Jakarta.

“Biaya servis katakanlah untuk 100.000 km, kita sudah akumulasi dari ketiga part itu yang jadi tanggungan konsumen itu di angka Rp3,9 juta paling mahal. Kalau servis tadi kan ada free part selama 3 tahunHal tersebut di antaranya garansi dasar selama 3 tahun atau 100.000 km, gratis biaya jasa perawatan hingga 5 tahun atau 75.000 km, dan gratis suku cadang hingga 3 tahun atau 45.000 km.