Chip Semi Konduktor Terbatas, Honda Stop Produksi Mobilio- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Chip Semi Konduktor Terbatas, Honda Stop Produksi Mobilio

Honda Mobilio

Jakarta – Berdasarkan data Gaikindo September 2021, Honda diketahui menghentikan produksi Mobilio. Bahkan dari sumber yang sama, penjualan wholesales Honda Mobilio anjlok di mana Honda hanya mengirimkan satu unit ke dealer. Perbandingan sangat kontras jika melihat ke bulan sebelumnya, di mana produksi Mobilio berjumlah 180 unit dan wholesales 387 unit. Imbas stop produksi tersebut memunculkan spekulasi, salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia menyiapkan generasi baru Mobilio.

Dirinya menegaskan bahwa tidak adanya produksi Mobilio dikarenakan kendala terbatasnya stok chip semikonduktor. “Kita prioritaskan produksi untuk model yang permintaannya tinggi di tengah-tengah terbatasnya komponen yang ada,” Kamis (14/10/2021). Pengalihan konsentrasi produksi mobil yang dilakukan Honda ini juga untuk memenuhi permintaan Brio yang sangat tinggi. 

Dugaan ini dinilai wajar karena Honda baru saja meluncurkan generasi terbaru BR-V yang mana pada model sebelumnya dibangun dalam satu platform yang sama. Namun dugaan tersebut langsung dibantah Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM.

“Karena Honda Brio mempunyai permintaan yang sangat tinggi, kami memprioritaskan produksi model tersebut terlebih dahulu,” lanjutnya. Kendati demikian, proses produksi Honda Mobilio akan dimulai kembali pada Oktober ini. “Mulai bulan ini pemasok sudah bisa memproduksi komponen secara bertahap. Dan akan kami produksi secepat-cepatnya agar konsumen dapat mendapatkan kendaraannya secepat mungkin,” pungkas Yusak.


Baca Juga: Daihatsu Rocky Release di GIIAS