Sebelum Membeli, Simak Cara Memilih Mobil - Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Sebelum Membeli, Simak Cara Memilih Mobil

Tips Memilih Mobil

Bukan sekadar ingin, mempunyai mobil kini telah menjadi salah satu kebutuhan, khususnya bagi Anda yang sering bepergian jauh. Namun, biaya untuk membeli mobil terbilang cukup besar, apalagi ditengah pandemi seperti ini.

Berbicara mengenai mobil keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Semuanya akan dirangkum dalam tips-tips membeli mobil yang pas untuk keluarga berikut ini. 

Inilah tips cara memlilih mobil. 

1. Sesuaikan mereknya dengan budget  

Budget adalah faktor utama saat ingin membeli sesuatu, termasuk mobil. Jika budget besar, maka pilihlah mobil dari merek terbaik. Tentunya yang menawarkan sejumlah kenyamanan dan muat untuk menampung semua anggota keluarga.

Namun, jika budget pas-pasan, apa salahnya melirik mobil yang kelas menengah. Jenis dan tipe mobilnya tidak kalah bagus, kok. Intinya, pintar-pintar memilih karena banyaknya mobil keluarga yang ditawarkan di pasar. 

Mobil seperti minibus atau MPV adalah pilihan terbaik untuk kebutuhan keluarga. Ukurannya tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Muat untuk menampung 4-7 orang anggota keluarga.


2. Perhatikan segi keamanannya 



Memperhatikan keamanan itu penting saat berkendara karena segala kemungkinan bisa terjadi di perjalanan. Makanya, penting memperhatikan tingkat keamanan yang mobil tawarkan sebelum membelinya.

Keamanan ini, seperti anti-lock braking system, electric brake-force distribution, dan airbag. Kalau bisa juga, belilah mobil yang sudah dilengkapi dengan sistem tahan goncangan. Jika sewaktu-waktu terjadi benturan yang agak keras, maka ini tidak membahayakan penumpang di dalam mobil.

Cari tahu sistem keamanan yang dipasang pada tipe dan jenis mobil yang hendak dibeli. Bertanyalah kalau memang kurang paham, jadi pembeliannya tidak terkesan asal-asalan. 


3. Penggunaan bahan bakar 

Nyatanya, bukan hanya harga mobil saja yang mahal, bahan bakarnya pun bisa ikutan mahal untuk mendukung kinerja mesin mobil. Mahalnya bahan bakar tentu akan menambah pengeluaran, bukan? 

Nah, bagi yang ingin menghemat pengeluaran bahan bakar, ada baiknya memilih mobil keluarga ramah lingkungan guna mengurangi tingkat polusi udara di bumi. 

Cermati daya mesin mobil, perhatikan pula cc nya, jadi Anda bisa memperhitungkan kisaran bahan bakar yang dibutuhkan untuk menempuh suatu perjalanan. Luangkan waktu untuk membaca artikel atau informasi seputar mesin kendaraan


4. Segi kenyamanan interior mobil 



Tips membeli mobil keluarga selanjutnya adalah memperhatikan segi kenyamanannya, terutama kalau mobil bakalan sering dipakai untuk perjalanan jauh. Pastikan mobilnya punya interior yang nyaman, kursi empuk, AC segar, dan suspensi mumpuni, sehingga perjalanan terasa menyenangkan. Dengan tingkat kenyamanan yang baik, perjalanan jauh pun tidak akan terasa melelahkan bagi Anda maupun keluarga. Dan untuk mendapatkan mobil yang nyaman, sebaiknya perbanyak referensi mobil.

Jangan lupa cari tahu spesifikasi lengkap mobil sebelum membelinya. Bandingkan pula mobil merek lain yang jenisnya sama, sehingga pilihannya pas. 


5. Suku cadang mudah didapatkan 



Hal yang tidak boleh luput dari penglihatan dan perbandingan adalah suku cadang atau spare part mobil itu sendiri. Pilihlah mobil yang suku cadangnya banyak dijual oleh produsen otomotif di Indonesia. Jika sewaktu-waktu mobil rusak, bisa cepat diperbaiki dan digunakan kembali untuk menemani perjalanan Anda.

Banyak tidaknya suku cadang yang dijual sangat bergantung pada jumlah pengendara yang memakai merek suatu mobil. Maka dari itu, jangan memilih mobil yang langka atau terlalu canggih. Sebab, suku cadangnya pasti sulit didapat karena harus dipesan atau diimpor terlebih dahulu dari produsen.

Sebaiknya tanyakan perihal suku cadang mobil kepada dealer tempat Anda membeli mobil. Bila perlu bangun koneksi baik dengan dealer. Jika suatu saat butuh bantuan terkait mobil, bisa langsung hubungi dealer yang bersangkutan.


6. Besarnya biaya perawatan mobil 


Sama seperti manusia, mobil juga perlu sejumlah perawatan untuk menjaga performa mesinnya saat dipakai berkendara. Besarnya biaya perawatan yang dikeluarkan tergantung pada kompleksitas mobil itu sendiri. 

Semakin kompleks, dalam arti semakin canggih mesin dan teknologi yang disematkan, biasanya akan semakin mahal biayanya. Sebab, mobil membutuhkan maintenance khusus agar dapat bekerja dengan baik. Kompleksitas ini jugalah yang mempengaruhi harga suku cadang mobil.

Makanya, jangan lupa pertimbangkan biaya perawatan mobil sebelum membelinya. Jangan sampai membebani finansial karena masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.