Aksi 1.000 Kantong Darah, Komunitas Otomotif Ajak Masyarakat Bantu Negeri Penuhi Stok Darah Nasional- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Aksi 1.000 Kantong Darah, Komunitas Otomotif Ajak Masyarakat Bantu Negeri Penuhi Stok Darah Nasional

 


JAKARTA*- Pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda berbagai wilayah di Indonesia membuat persediaan kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kian menipis. Ketidaseimbangan antara kebutuhan darah dan jumlah donor (pemberi sumbangan) membuat stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) menurun. Merespon hal tersebut agar menjaga persediaan darah aman dan memadai selama pandemi covid 19, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengajak berbagai komunitas hingga club Motor HVC (Honda Vario Club) Jakarta membuka progam Gerakan Seribu Kantong Darah Bertempat di Philantropy Building, Jakarta Selatan.Senin(26/10/2020)



“Melalui Program Bantu Negeri “Berbagi Darah Dimasa Pandemi” yakni program kepedulian masyarakat melalui gerakan aksi donor darah yang diharapkan dapat menjadi momen menyebarluaskan pesan #1hari1kebaikan. Dari kepedulian ini diaharapkan kebutuhan stock darah yang berkurang dimasa Pandemi dapat terpenuhi dengan aksi kebaikan yang akan kita lakukan dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan. Saat pandemi ini kan banyak masyarakat yang mengurungkan niat untuk berdonor, karena khawatir mengenai penularan virus. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk kembali berdonor agar stok darah nasional sendiri bisa kembali terpenuhi.”ucap Fajar Firmansyah selaku Koordinator DDV Nasional.

Kekurangan stok darah, tidak lepas dari kekhawatiran masyarakat akan resiko penularan covid-19 ketika melakukakn donor. Padahal PMI sudah merancang proses donor darah yang sesuai dengan protokol pecegahan penularan covid-19. Oleh karena itu, DDV menginiasi Gerakan Seribu Kantong Darah untuk memenuhi kebutuhan stok darah yang sedang defisit. Seperti yang telah diberitakan, stok darah PMI Nasional mengalami defisit, bahkan mencapai 50% dari total kebutuhan pada April dan Mei 2020 mengakibatkan masyarakat yang membutuhkan darah terpaksa harus mencari pendonor sendiri. Biasanya, mereka mencari pendonor dari lingkaran keluarga mereka, dengan resiko belum tentu tersedia.


“Hari ini (Senin, 26/10) kami dari club motor HVC Jakarta membangun kesadaran bersama dan gerakan saling bergotong royong di seluruh sendi masyarakat Indonesia. Mulai dari hal yang kecil seperti mendonorkan darah merupakan wujud nyata dari kami komunitas HVC Jakarta dengan peran serta membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Bersama lembaga seperti Dompet Dhuafa maupun PMI, kami ingin membuktikan bahwa club motor peduli sesama dan bergerak untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia dengan berbagai aspek kegiatan sosial seperti Donor Darah saat ini,” ujar Ega Dolay sebagai Ketua Umum HVC Jakarta.

“Kami juga turut mengajak rekan-rekan terutama seluruh komunitas otomotif dapat turut andil dalam kegiatan ini, masih ada empat titik lagi yang bisa di datangi oleh rekan-rekan di tanggal yang berbeda di seluruh Jabodetabek. Semoga dengan adanya kegiatan ini pemenuhan darah dapat terwujudkan. Masyarakat maupun rekan-rekan otomotif dapat mengikuti kegiatan ini dengan rasa aman dan nyaman, karena melalui tahapan protokol Covid-19,” tandas Ega Dolay.

Sebagai langkah awal, Gerakan Seribu Kantong Darah akan dilaksanakan hingga 21 November 2020 di Jabodetabek. Lima titik pelaksanaan diantaranya di Philantorpy Building, Jakarta Selatan (26 Oktober), Zona Madina, Parung, Bogor (5 November), Layanan  Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Jabar, Bekasi (11 Novemeber), PMI Depok (17 November) dan di LKC Banten, Tangerang Selatan (21 November). Rencananya, DDV juga akan melakukan gerakan yang sama di 32 provinsi di Indonesia, bekerjasama dengan jaringan Dompet Dhuafa di Nusantara.


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Untuk Informasi press release, dapat menghubungi:

Public Relations Dompet Dhuafa

Philanthropy Building

Jl. Warung Jati Barat No.14

Jakarta Selatan 12540, Indonesia

U.P : Corcom Dompet Dhuafa, Bani (+6285692951433), Fatzry (+6282122182919)


Baca juga: Saat bersama klub motor, Pemotor bisa lebih arogan. Ini penjelasannya