Inilah Cara Membaca Viskositas Oli Yang Baik Untuk Mobil- Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Inilah Cara Membaca Viskositas Oli Yang Baik Untuk Mobil

Cara Memilih oli Mobil

Sebagian besar para pengguna kendaraan bermotor khususnya roda empat pasti jarang ada yang tahu cara memilih oli yang tepat untuk kendaraan kesayangannya. Apalagi bagi mereka yang tinggal ataupun memiliki aktifitas di Ibu Kota, dikarenakan kemacetan di kota-kota besar yang semakin tidak menentu tentu saja kendaraan tersebut memiliki mobilitas yang tinggi. 

Beberapa orang beranggapan mengganti oli hanya berdasarkan pada jangka waktu tertentu. Jenis oli dan dan spesifikasi oli tersebut sangatlah penting untuk mengukur kapan kendaraan tersebut harus mengganti oli. Jika saja telat mengganti oli ataupun kualitas oli tersebut sudah tidak bagus tentu sangat mempengaruhi performa mesin kendaraan. Kualitas oli yang baik dapat mencegah karat pada mesin mobil dan menjaga suhu mesin. 

Cara membaca viskositas oli

Viskositas oli

Dalam hal ini ada tiga jenis kode yang menunjukkan tingkat kekentalan oli. Kode-kode tersebut dikeluarkan oleh lembaga standarisasi. Ketiga jenis kode itu adalah SAE, API, dan JASO. Namun pada umumnya jenis yang digunakan adalah SAE (Society Automotive Engineers).

Sebagai contoh, pada setiap kemasan oli sudah pasti tertera dengan tulisan SAE 10W-40. Ini artinya kekentalan oli tersebut berada di level 10 saat Winter dan 40 saat kondisi panas. Ini juga berarti oli mobil dapat bertahan sampai suhu -10 derajat celcius, jadi kamu tidak perlu khawatir oli mobilmu mengental saat berada pada suhu dingin. Dari penjelasan tersebut kalian pasti bisa menyimpulkan oli mana yang cocok untuk mobil kalian dengan kondisi cuaca yang berada di daerah kalian saat ini. 


Baca Juga: Praga Bohemo, Pabrikan Supercar Asal Ceko Mengadopsi Mesin Nissan GT-R