Hyundai siapkan mobil baru, akankah menjadi pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky - otoclub Hyundai siapkan mobil baru, akankah menjadi pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky- otoclub

Hyundai siapkan mobil baru, akankah menjadi pesaing Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Share:

Hyundai AX1

Kabar terbaru  datang dari pabrikan Korea Selatan, Hyundai yang sudah secara terang-terangan menyebar gambar penggoda sebuah SUV mungil yang akan diperuntukkan pasar global. Sebelumnya pihak Hyundai melakukan serangkaian tes jalan sebuah SUV mikro yang dikabarkan diberi nama semntara Hyundai AX1 di negara asalnya. 

Kalau dilihat dari bentuk, ia tergolong sebagai mikro SUV. Kendaraan yang mengusung kode AX1 dan kemungkinan besar memiliki penamaan Casper dengan model anyar ini bakal diposisikan di bawah Venue dan siap menjadi produk entry-level pada akhir tahun. Bahkan juga diberitakan The Taejon Bulletin bahwa mobil tersebut dikabarkan siap dijual di Korea mulai September mendatang. Setelah itu dalam beberapa bulan, atau awal tahun 2022 menyusul negara-negara lain, terutama di Asia.

Tampilannya bisa dikatakan mirip dengan Hyundai Venue dan Hyundai Kona, desain bodinya terlihat agak kotak dengan ukuran yang kompak. Mempunyai lampu utamanya berbentuk bulat yang mengapit grill berbentuk persegi panjang. ukuran bodi sekitar 3.800 mm dan bukan merupakan jenis kompak SUV. 

Sekadar gambaran saja, kendaraan LCGC di Indonesia, seperti Brio punya panjang sama. Begitu juga Suzuki Ignis dengan dimensi panjang 3.700 mm. Sehingga bisa jadi mobil anyar Hyundai ini akan mengisi segmen di bawah Toyota Raize dan kawan-kawannya. Sedangkan lampu sign terlihat menyatu dengan daytime running light (DRL) LED ditempatkan secara terpisah dengan lampu utama. Yaitu diletakkan di ujung kap mesin yang berbentuk datar. 

Agar terlihat ke-SUV-an Hyundai memberikan skid plate dengan warna kontras dipadu warna gril. Pada bagian belakang lampu utama ditempatkan pada bumper yang mengapit dudukan pelat nomor. Lampu mundur disatukan dalam satu rangkaian dengan lampu sign yang membentuk pola horizontal di pintu belakang. 

Hyundai AX1 juga dibekali dengan spoiler yang diimbuhi stop lamp, dan antena model sirip hiu. Saat ini belum ada info lebih lanjut soal interior. Namun lingkar kemudi maupun dasbor diprediksi mirip dengan Kona. Setir tiga palang gaya modern dan ada head unit layar sentuh model mengambang (floating monitor). 

Dalam foto hanya terlihat konfigurasi jok empat sampai dengan lima penumpang. Lalu handle pintu belakang bukan berada di pinggang, namun di pilar C seperti Veloster. Pada bagian atap terdapat roof rail dengan warna silver, keberadaanya memperkuat kesan sebuah SUV. namun sayang Saat ini belum ada info lebih lanjut soal interior dari Hyundai ax1 ini. 

Pada lingkar kemudi maupun dasbor diprediksi mirip dengan Kona. Setir tiga palang gaya modern dan ada head unit layar sentuh model mengambang (floating monitor). Kalau Hyundai ingin memenangkan hati konsumen. Casper harus dilengkapi sejumlah perangkat infotainment canggih. Misal tersedia pula kontrol iklim otomatis, teknologi mobil yang terhubung, pengisi daya telepon nirkabel. Lanjut kluster instrumen semi-digital plus keyless entry with push button start. 

Berbicara mesin diduga Hyundai AX1 bakal menggunakan mesin empat silinder 1.2 liter yang diusung Hyundai Grand i10 Nios. Mesin ini menghasilkan tenaga 83 hp dengan torsi 114 Nm. Atau bisa juga menggunakan mesin Hyundai Atoz yakni 1.0 liter tiga silinder dengan ditambah turbocharger.

Bisa jadi kemunculan Hyundai AX1 hadir sebagai penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Ini akan menambah pilihan konsumen di segmen SUV kompak, kita tunggu saja. 


Baca Juga: Vespa keluarkan LS125 dengan aksen warna baru