Cara mudah pasang sendiri antena sirip hiu di mobil - otoclub Cara mudah pasang sendiri antena sirip hiu di mobil- otoclub

Cara mudah pasang sendiri antena sirip hiu di mobil

Share:

Cara pasang antena sirip hiu
Tak perlu repot ke bengkel saat harus mengganti antena mobil Anda dengan antena model sirip hiu. Ini cara pasang antena sirip hiu yang mudah dilakukan sendiri. Saat ini sejumlah mobil baru sudah menggunakan antena radio berbentuk shark fin alias sirip hiu. Dikatakan antena sirip hiu karena memang bentuknya menyerupai ujung sirip dari hewan pemangsa di laut tersebut.

Lalu bagaimana jika antena mobil Anda masih berjenis fixed antenna berupa stik hitam berukuran pendek yang tidak bisa dipanjangkan? Jangan sedih, karena diluar sana banyak sekali kok yang menjual antena sirip hiu sebagai aksesoris tambahan.

Harga antena model ini juga tergolong terjangkau, mulai dari Rp30.000-an sampai Rp70.000-an tergantung model, dan merk yang mengeluarkan antena tersebut. Lalu bagaimana cara pasang antena sirip hiu di mobil? Tenang, itu juga hal mudah kok, Anda gak perlu repot-repot ke bengkel, cukup sediakan sedikit waktu di rumah.

Berikut cara pasang antena sirip hiu 

1. Siapkan Obeng dan Lap Microfiber



Sebelum memasang antena jenis ini, pastikan dulu Anda sudah menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan. Yaitu antena sirip hiu yang sudah Anda beli di toko aksesoris mobil baik offline maupun online, obeng plus (+), lap microfiber, spidol temporary.

2. Lepaskan Antena Standar 



Jika semua alat sudah lengkap, pertama-tama cara pasang antena sirip hiu adalah melepaskan antena bawaan mobil Anda terlebih dulu. Jika antena yang ada di mobil berbentuk fixed antenna, maka untuk melepasnya cukup mudah. Yaitu dengan memutar stik antena berlawanan arah jarum jam sampai stik terpisah dari bagian antena lainnya yang masih menempel di bodi mobil. Jangan lepas bagian yang masih menempel pada bodi mobil tersebut, karena bagian itu yang akan disambungkan dengan antena sirip hiu yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

3. Ukur Posisi Antena



Sebelum antena baru terpasang, sebaiknya lakukan fitting terlebih dulu. Cocokkan posisi antena pada bagain atap mobil dan pastikan posisinya lurus serta seimbang antara kiri dan kanan. Bersihkan permukaan cat yang akan dipasang antena dengan lap microfiber. Jika posisi sudah pas dan permukaan cat telah bersih, gunakan spidol temporary dan buat garis mengikuti kontur bagian antena sirip hiu pada bagian atap mobil. Garis inilah yang anntinya jadi patokan untuk lokasi pemasang antena menggunakan double tape.

4. Sambungkan Antena Sirip Hiu 



Jika stik antena bawaan mobil sudah terlepas, maka cara pasang antena sirip hiu selanjutnya adalah menyambungkan kabel dari antena sirip hiu dengan bagian antena mobil yang masih menempel di atap mobil. Pada paket pembelian antena sirip hiu, akan disediakan satu sokel kabel yang diberi baut tambahan. Kabel itulah yang disambungkan dengan bagian antena mobil dengan cara dibaut menggunakan obeng plus sampai benar-benar kencang. Jika sudah terpasang, coba hidupkan headunit mobil Anda, pastikan frekuensi radio masih tertangkap menggunakan antena baru ini.

5. Tempelkan Antena ke Atap Mobil 



Sebelum memasang antena sirip hiu di bagian atap mobil, maka lepaskan bagian pelindung double tape yang ada di antena untuk merekatkan antena sirip hiu dengan bodi mobil. Pastikan posisinya sama persis dengan tanda yang sudah Anda buat menggunakan spidol tadi. 

6. Lap Noda Spidol 

Jika antena sudah terpasang dengan presisi, maka bersihkan sisa noda spidol yang mungkin masih menempel pada permukaan cat mobil disekitar antena. Jika semua dirasa sudah bersih, maka antena sudah siap untuk digunakan di mobil Anda. 


Baca juga: Irit tembus 35,8km/L, toyota resmi luncurkan Toyota Aqua