Mobilio Nusantara "Move Beyond" - Otoclub Indonesia

Header Ads Widget

Highlight

6/recent/ticker-posts

Mobilio Nusantara "Move Beyond"


Hari ini 12 Juni 2021 kami perwakilan dari MOST Wilayah Barat yang di wakili Region Jabodetabek, Bataray, Bodecimi, dan Jayakarta mendapat kesempatan diundang di acara Swara Komunitas di Swara Tangerang 91FM yang berlokasi di Kantor Bupati Tangerang.

Tepat pukul 16.00 WIB Kami bergegas masuk dalam Studio untuk on Air bersama Mba Ghea sebagai Hostnya Kami sempatkan Berfoto bersama supaya suasana menjadi cair dan komunikasi selama dapat berjalan dengan lancar. 

Sessi 1 diskusi Diawali dengan kata Pembuka dan Perkenalan MOST yang di wakili oleh Om Yusmanto / B-xxx ketua Region Jabodetabek dimana di ceritakan history MOST mulai dari lahirnya April 2020 di Surabaya. 

Saat ini ada 14 Region yang tersebar di seluruh Indonesia, membernya sudah lebih dari 300, Untuk wilayah Barat sendiri awalnya region Jabodetabek, kemudian pada bulan April kemarin melahirkan region BATARAY (Banten Tangerang Raya) yang di ketuai oleh KAREG ERLIN SUHERLINARegion JAYAKARTA (DKI Jakarta Raya) yang di ketuai oleh KAREG OM TOMMYRegion BODECIMI (Bogor Depok Ciawi Sukabumi). 

Yang di ketuai oleh KAREG OM DENNY ISKANDARSaat ini membernya kurang lebih sudah 60 member, lanjut kata om Yusmanto Sessi 1 berakhir, di selingi lagu penyemangat dari Artis SLANK sesuai dengan request kami, 5 menit lagu dan break sudah berakhir,  Dilanjutkan Sessi 2 diskusi mengenai VISI dan MISI MOST. Kali ini di wakili oleh member PERTAMA di JABODETABEK Om Krisbiantoro B-001 (sekarang berganti A-005 sesuai domisili tinggal) yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Pengurus. 


Visi: Bertukar Informasi mengenai Otomotif, tips dan trick serta berbagi informasi dalam modifikasi Ajang silaturahmi member pengguna Honda Mobilio Melestarikan Bhinneka Tunggal Ika serta nilai Budaya Bangsa Indonesia. 

Missi: Mensosialisikan cara berkendara, aturan dan rambu dan safety Riding. 

Serta sosialisasi himbauan dari pemerintah (misalnya pemberlakuan PKPM/PSBB dll)Komuni/Komunal/Komunity = Bersama/Berbagi maka missinya seperti Melakukan kegiatan social, seperti pemberian bantuan anak Yatim, Pembagian Takjil, Bantuan donasi Musibah/Bencana. 

Di Sessi kedua kami juga bertanya jawab mengenai kegiatan kami selama masa Pandemi, mulai dari Santunan Yatim, Kontes Digital, City Touring, Bagi Takjil sampai dengan acara Halal Bihalal di Akhir Mei 2021 lalu di TMII, Bantuan Korban Bencana dll. Memang sangat berat karena melihat MOST Berdiri pada saat Pandemi, namun tema hari ini yaitu “move BEYOND”, kami ingin menceritakan apa yang terjadi di dalam Komunitas MOST, Beyond artinya adalah Melampaui batas, bahwa Pandemi bukan Halangan bagi kami untuk berkembang dan terus melakukan invoasi tentunya dalam dunia Komunitas. 

Yel Yel kami MOST Solid, kata SOLID itu sendiri ternyata membutuhkan 3K : 

Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi

Komunikasi : Kopdar itu ajang berkomunikasi langsung, tidak bisa kita hanya mengandalkan WA atau social media saja.

Koordinasi : dalam struktur kepengurusan Koordinasi sangat penting sehingga program bisa berjalan sesuai rencana. Tentunya dalam kegiatan ada kekurangan/kendala, nah dengan koordinasi inyaallah bisa bermusyawarah dan mufakat untuk memperbaiki

Kolaborasi : karena masing-masing punya keunikan dan keahlian masing-masing, maka Komunitas menggabungkan ide Kreatif, termasuk saat ini kita mencoba melalui Radio, Sosial media dllSessi ketiga adalah sessi terakhir kami, dan suasana tercair dimana kami sudah tanpa naskah dan buku panduan, Host Mba Ghea sangat memahami alur cerita dan bagaimana latar belakang kami yang begitu unik. 

Bagaimana syarat bergabung di Mobilio Nusantara? Tanya Host Syaratnya MudahMemiliki kendaraan Mobilio (tahun berapapun, mulai dari 2001 generasi pertama sampai dengan saat ini)Tentu memiliki SIM ya (usia 17 tahun sesuai aturan Korlantas) Membayar Biaya Registrasi sebesar Rp 100.000 (otomatis akan mendapatkan Staterkit berupa Stiker Komunitas atau SK)Melakukan RegistrasiKemudian Mba Ghea menanyakan Apa benefit ikut MOST? Pertanyaan yang PALING menarik. 

Dengan Tegas Om Yusmanto menjelaskan, jangan mencari benefit di komunitas karena benefit akan muncul dengan sendirinya, misalnya ketika ada perbaikan kendaraan kami punya relasi dan mitra Honda, dan tentunya bisa mendapatkan diskon khusus member MOST. 

Kemudian Om Kiki menjelaskan, bahwa arti Komunitas berasal dari bahasa Belanda Komuni/Komunal yang berarti BERBAGI/ SALING MEMBAGI. Jadi tidak salah bila MOST justru mengumpulkan orang-orang hebat untuk menyatukan Energi. 

Mana ada lawyer satu meja dengan Rescue team dan dokter serta arsitek… hanya di KOPDARlah mereka SAMA. Dengan bersatu energy maka benefit adalah EXTRA yang otomatis akan didapatkan.Pada sessi ketiga, kami juga kebetulan HOST Mba Ghea pemilik Honda Mobilio RS-CVT berwarna Silver, beliau langsung mendaftar menjadi member dan bagian dari MOST. Alhamdulilah MOST mendapatkan kado special kali ini mendapatkan Registrasi dari Penyiarnya Lanjut ke pertanyaan mengenai tema kali ini yaitu MOST move BEYOND dilontarkan host kepada kami. 

Diwakili oleh Om KIKI B-024 MOST move Beyond, artinya MOST bergerak melampaui batas, pergerakannya cepat dan SOLID. Terlebih Mobilio NUSANTARA, arti NUSANTARA sangat luas Dari Sabang sampai Maraoke Indonesia ini kaya dengan Budaya dan nilai-nilai yang harus dipertahankan. Bahkan sapaan saja boleh berbeda, misal Jawa tengah menyapa Sugeng Enjing (selamat Pagi), namun di Medan misalnya, balasan tentunya HORAS. Budaya adalah Identitas kita, karenanya kita tidak mungkin merubah identitas yang ada di NusantaraKita ini seperti dalam Acara Sirkus, pemain sirkus kadang punya keahlian masing-masing, begitu pula dalam komunitas. 

Keahlian kita ada Arsitek, Lawyer, notaris, Rescue team bahkan pejabatpun. Kita semua menaruh dasi, koper, tongkat komando, baju kebesarn serta lencana jabatan ketika Kopdar, supaya slogan KITA SEMUA SAMA boleh jadi nyata Tugas kami masih Berat dimana luasnya Nusantara tidak mungkin kita bawa sendiri, kami perlu energy dan kekuatan untuk bersatu.

Ingat ikut komunitas bukan mencari benefit, namun Komunitas itu BERBAGI (seperti yang sudah di urai pada sessi sebelumnya Waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 dimana sessi on-Air kami berakhir Kami mengucapkan Yel-Yel.